Akhir Piala Dunia 2018, Inilah Catatan Menarik dari Prancis Vs Kroasia

 

TopPrediksi – Kurang lebih satu bulan berlalu, Piala Dunia 2018 akhirnya mengeluarkan juara yang baru. Negara yang beruntung mendapatkan trofi bergengsi tersebut adalah Prancis, usai mengalahkan Kroasia pada babak final hari Minggu (15/7) kemarin.

Gol bunuh diri striker Kroasia, Mario Mandzukic, menjadi pembuka keran gol pada pertandingan malam kemarin. Beberapa menit berselang, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan melalui tembakan keras pemain Inter Milan, Ivan Perisic.

Setelah itu, Prancis menunjukkan kualitas daya serangnya dengan tiga gol sekaligus melalui aksi Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe. Mandzukic pun berhasil membalas dosa dengan golnya di menit ke-69, memanfaatkan blunder dari Hugo Lloris.

Selain banjir gol, laga antara Prancis vs Kroasia yang berkesudahan 4-2 ini juga menyisakan banyak catatan menarik yang Bolaneters patut untuk simak. Dilansir dari BBC Sport, berikut di antaranya.

Statistik Prancis vs Kroasia

1. Deschamps menjadi orang ketiga yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, setelah Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman).

2. Prancis menjadi tim pertama yang mencetak empat gol di final Piala Dunia, sejak Brasil mengalahkan Italia 4-1 di tahun 1970.

3. Kroasia adalah tim pertama yang kalah dalam penampilan perdananya di final Piala Dunia, sejak Belanda di tahun 1974 (1-2 vs Jerman).

4. Mandzukic menjadi pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia.

Statistik Lanjutan

5. Mbappe (19 tahun 207 hari) menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol di final Piala Dunia, setelah Pele untuk Brasil di tahun 1958 (17 tahun 249 hari).

6. Griezmann telah mencetak 10 gol untuk Prancis di turnamen besar, hanya tiga orang yang berhasil mencetak gol lebih banyak darinya untuk Les Blues (Michel Platini – 14, Just Fontaine – 13, Thierry Henry – 12).

7. Perisic telah terlibat langsung dalam 11 gol di turnamen besar (tujuh gol, empat assist), lebih banyak dari pemain Kroasia lainnya.

8. Perisic menjadi pemain kedua yang mencetak gol dan diganjar penalti dalam final Piala Dunia, setelah Marco Materazzi untuk Italia di tahun 2006.

9. Pogba menjadi pemain Manchester United pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia, dan menjadi pemain Premier League pertama yang melakukannya sejak Emmanuel Petit di tahun 1998.

10. Gol Pogba untuk Prancis menjadi gol pertama yang dicetak dari luar kotak penalti di final Piala Dunia sejak Marco Tardelli untuk Italia saat melawan Jerman di 1982.

11. Mandzukic menjadi pemain kedua di sejarah Piala Dunia yang mencetak gol dan gol bunuh diri dalam satu pertandingan yang sama, setelah pemain Belanda, Ernie Brandts saat melawan Italia di 1978.

12. Mandzukic menjadi pemain kelima yang mencetak gol di final Piala Dunia dan Liga Champions setelah Ferenc Puskas, Zoltan Czibor, Gerd Muller, dan Zinedine Zidane.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *